Jadwal Sholat Daerah Malang

Trik n Tips

::

Welcome to Berbagi Blog, place to share everything

Jumat, 02 April 2010

WAJIB SHALAT JUM’AT DAN BERJAMAAH
Shalat Jum’at dan shalat berjama’ah hukumnya wajib bagi laki-laki, dalilnya sebagai berikut:

1.“Hai orang-orang yang beriman, apabila sudah dipangil untuk mengerjakan shalat pada hari Jum’at maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Al-Jumu’ah:9).

2.Rosulullah SAW bersabda,

“ barang siapa meninggalkan shalat Jum’at tiga kali karena sengaja meremehkan, maka Allah mencap hati orang itu sebagai orang munafik.” (HR. Ahmad)

3.Rosulullah SAW bersabda,
“barangsiapa mendengar adzan tetapi tidak mau dating ke masjid maka shalatnya tidak sempurna kecuali ia sedang udsur.” (HR. Ibnu Majah, sahih).

4.ada seorang buta menghadap Rosulullah SAW dan bertanya
“Ya Rosulullah saya punya orang yang membimbing saya untuk dating ke masjid, apakah saya boleh tidak dating ke masjid ? Maka Rosulullah SAW membolehkanyya. Tetapi setelah orang itu mau pulang Rosullah SAW bertanya, ‘Apakah kamu masih bias mendengar adzan:, ‘YA’, Jawabnya. ‘Kalau begitu datanglah ke masjid untuk shalat berjama’ah.” (HR. Muslim)

KEUTAMAAN SHALAT JUM’AH DAN BERJAMAAH

1.Sabda Rosulullah SAW
“ barangsiapa mandi, setelah itu pergi untuk shalat Jum’at, kemudian dia shalat dunnah semampunya, lalu diam mendengarkan imam berkhutbah sampai selesai, dilanjutkan shalt Jum’at ada bersamanya, maka diampuni diosa-dosa antar hari Ju’at yang lainya, ditambah lagi dengan tiga harinya. Dan barangsiapa mengusap-usap kerikil lebih darisekali yang berada di tempat sujud agar dia bias sujud, maka dia telah berbuat sia-sia” (HR.Muslim)

0 komentar:

Posting Komentar